Sabtu, 20 Juni 2009

Metode Pengumpulan Data

PERTEMUAN 9

METODA PENGUMPULAN DATA

Setelah menyiapkan instrumen ( alat ) untuk mengukur data dan jenis skala pengukurannya, langkah selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah bagaimana cara data itu diambil ( dikumpulkan ). Untuk pengumpulan data secara garis besar dapat dilakukan dengan teknik :

1. Obesrvasi :

yaitu peneliti datang langsung ke lokasi penelitian untuk memperoleh data yang dibutuhkan.

Contoh : meneliti prilaku hewan, akan lebih akurat bila si peneliti langsung mengamati bagaimana hewan tsb melakukan aktifitas hidupnya seperti cara menangkap mangsa, cara melindungi diri, cara berkembangbiak dll.

Observasi dikategorikan menjadi :

Observasi terstruktur; bila peneliti sudah merancang sebelumnya apa yang akan diamati, dimana tempatnya , kapan waktunya dan alat yang digunakan sudah teruji ( baku ).

Observasi tidak terstruktur; bila peneliti belum mengetahui dengan pasti apa yang akan diamati, dia hanya mencatat apa saja yang ditemui di lokasi, setelah itu mungkin baru ada pilihan objek yang perlu diamati lebih utama untuk dijadikan penelitian.

Obsevasi partisipan; bila peneliti ikut melakukan aktifitas dengan objek yang diteliti. Dalam meneliti bagaimana kerjasama antar karyawan di perusahaan X, peneliti masuk menjadi karyawan dahulu selama penelitian dilakukan.


2.Interview ( wawancara )

Yaitu teknik pengumpulan data dengan cara berkomunikasi langsung dengan responden. Cara komunikasinya dapat face to face, tele konference, atau telepon. Interview terstruktur dilakukan bila peneliti telah mengetahui dengan pasti variabel yang akan diteliti, sehingga semua pertanyaan telah disiapkan dalam mewawancarai responden.



3. Questionare ( angket )

Yaitu pengambilan data dengan cara memberikan serangkaian pertanyaan atau pernyataan kepada responden untuk dijawab secara tertulis. Pertanyaan / pernyataan dapat diberikan langsung, lewat post, email, atau fax.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun questionare adalah

- gunakan bahasa yang baku ,sopan, dan tidak tendensius.
- Susun pertanyaan / pernyataan secara singkat dan jelas.
- Susun questionare dengan format yang menarik.
- Beri pengantar yang menjelaskan tujuan pengambilan data dan sangat pentingnya jawaban dari responden untuk penelitian kita.
- Urutkan pertanyaan / pernyataan dari yang termudah ( bersifat umum ) dan terus diurut dengan yang lebih sulit atau spesifik.
- Sebelum digunakan, angket telah diuji dahulu validitas ( ketepatan yang diukur ) dan reliabilitasnya ( ketetapan alat ulur ).
- berikan penghargaan pada responden dengan ucapan terima kasih atau memberikan souvenir sederhana ( pulpen, gantungan kunci, pembatas buku dll )

0 komentar: